Diantara kalian pasti sudah tahu apa itu kayu jati….

Kayu Jati merupakan kayu yang dalam bahasa ilmiah Tectona Grandis merupakan kayu yang dihasilkan dari pohon Jati dimana pohon ini merupakan salah satu pohon dengan kualitas terbaik yang ada di Indonesia.  Dengan memiliki ciri berupa batang yang besar, lurus dan memiliki daun yang besar membuat pohon ini dapat tumbuh hingga ketinggian 30 – 40 meter.

Sejak jaman Kerajaan Majapahit, kayu jati di daerah Jawa sering digunakan untuk membangun rumah dan alat pertanian lainnya.

Daerah penghasil kayu Jati di daerah Jawa Tengah terletak di beberapa titik seperti di Alas Roban, Rembangan, Blora dan Pati. Dari beberapa tempat penghasil kayu ini daerah Blora menjadi ter[at terbaik penghasil kayu Jati di Indonesia. Kayu Jati yang dihasilkan dari daerah ini memiliki dua jenis yang dibedakan berdasarkan kualitas kayu.

Jenis pertama dikenal dengan “Jati Hutan.” Jenis kayu jati hutan dihasilkan dari kualitas pohon jati yang terbaik karena kebanyakan dari jenis kayu ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan ekspor.  Jenis kedua dikenal dengan “Jati Rakyat,” kayu ini biasanya disebut dengan Jati Kampung yang memiliki kualitas sedikit dibawah Jati Hutan. Biasanya jenis kayu ini digunakan untuk kebutuhan tujuan local.

Keunggulan dari Kayu Jati:

  • Serat yang halus
  • Kuat di iklim tropis
  • Bentuk kayu tidak mudah menyusut
  • Tidak mudah berjamur